flu babi (swine flu)2

Menyambung tulisan saya sebelumnya, nampaknya flu babi in benar-benar jadi pembicaraan hangat. Yah kalau Anda termask yang up to date dengan gosip, sebelas dua belas lah dengan kasusnya Manohara Odelia Pinot (sang model yang kata Ibunya diculik oleh suaminya sendiri anak Kesultanan Malaysia).Loh, ini kok jadi gosip sih..

OK, Outbreak yang terjadi medio April 2009 di meksiko yang terus merambah hampir ke seluruh kawasan Amerika ini, menggelitik para pakar virologi, karena katanya hingga detik ini, virus ini belum berhasil diisolasi dari babinya sendiri. Dengan kata lain, sebetulnya belum ada bukti kalau memang virus penyebab flu babi ini ditularkan oleh babi.

Hal yang sebenarnya seperti ini (at least inilah pemahaman saya dengan sedikit dasar biologi molekuler ya?). Virus yang menyebabakn kehebohan ini diisolasi dari tubuh manusia, namun begitu dianlisa (let say kalau dalam bahasa molekulernya mungkin diblast, di allign, etc, etc) virus ini memiliki kesamaan dengan virus yang menginfeksi babi, virus flu yang menginfeksi manusia, dan virus flu yang menginfeksi hewan.

Kenapa kok bisa begitu?Kalau dalam bayangan saya (yang sekali lagi bukan seorang virolog) bisa saja terjadi karena virus influenza ini tidak punya alat pengkoreksi DNA or RNA yang sedianya dimiliki oleh kebanyakan sel. Pengkoreksi DNA atau RNA ini berguna untuk membenarkan urutan DNA/RNA yang salah untuk suatu sintesis protein, jadi hasilnya tidak akan berbeda dari  niatan awal sel tubuh untuk membuat protein.

Virus, karena tidak punya pengkoreksi DNA itu (DNA proof reading) tetap akan menghasilkan protein sebagaimana niatan awalnya dalam menginfeksi sel inang atau sel tubuh tempat dia menyerang (let say bisa babi, unggas, manusia, bakteri, etc, etc), tetapi bisa jadi protein yang dihasilkan beda dengan protein target yang tadinya ingin dihasilkan.

Apa implikasinya?Tentu saja virus mungkin bisa punya beberapa jenis protein yang tadinya tidak ada menjadi ada, dengan kata  lain bermutasi.

Hal itulah yang menyebakan virus flu babai pada outbreak flu babi Meksiko ini dikatakan perpaduan antara flu babi, flu manusia, dan flu burung.

Mau tahu beda flu babi, flu manusia, dan flu burung?Simak disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s