aku bilang tidak

Pagi Itu, tanggal 27 April. Rencananya keponakan saya (anak sulung saya nih:P),
mau pakai baju adat karena merayakan hari Ibu Kartini di sekolah Play Groupnya.
Nah, tentu saja yang paling bersemangat dengan ini semua adalah nenek.
Nenek lah yang sibuk menyewa baju adat dari Sul Sel alias baju bodo buat Alma,
nenek lah yang menyiapkan segala kebutuhan Alma dari bangun tidur tadi, dan
nenek lah yang senang sekali karena Alma akan berparade naik andong keliling
komplek rumah dengan baju bodonya.Sehari sebelumnya, bahkan nenek sudah mencoba
baju bodo tersebut di Alma.Komentar nenek, “bagus-bagus, besok dipake ya Kak, nanti
Tante dandanin sedikit pake lipstik ya Te”pa191002(begitu kira-kira)

Nah, pagi itu gelagat Alma tidak sesuai dengan mood nenek yang high banget.
Alma ngambek nggak mau sekolah, Alma melepas kembali baju bodo yang sudah di
pakainya. Alma bahkan marah sama nenek. Sontak, nenek lebih marah sama Alma,
dengan asumsi sudah disiapin segala macem rupa kok malah ngambek.

Dengan bersusah payah, saya berhasil membujuk Alma sekolah tanpa baju bodonya.
Setiba di sekolah, memang banyak teman-teman Alma dengan baju adat yang bagus,
dandanan ala salon, wah pokonya OK deh.

Saya sempat tanya lagi ke Alma, “Kak, mau pake baju bodonya?”
Alma keukeuh bilang “aku nggak mau Te, aku mau pake baju ini aja (dia lagi pakai”.
baju muslim)”.
“OK” saya bilang.

Berangkat dari kejadian pagi itu, saya berpikir sepanjang jalan
ke Lab.

1. Orang tua wajib memperkenalkan anak isi seluruh dunia (bahkan untuk hal negatif
sekalipun orang tua harus memberi tahu anak).

2. Orang tua wajib memberikan pandangan yang baik pada anak.

3. Anak berhak untuk menilai apakah hal tersebut baik atau tidak untuknya
(selama hal tersebut tidak berdosa dan membahayakan sang anak)

4. Anak berhak berkata tidak untuk suatu hal.

5. Orang tua WAJIB MENDENGARKAN isi hati anak dan menghormati keputusan anak.

Dan pagi itu, Alma bilang Tidak!

Advertisements

2 thoughts on “aku bilang tidak

  1. Senang kenal dengan mbak. Panggil aku Nana aja mbak, TEP 37. Blognya informatif banget. Tetep semangat ya mbak ^_^
    -Bunda Abrar-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s