please deh jangan lebay..

judul postingan saya siang ini diadopsi dari lirik lagu duo vokal T2 yang saat ini lagi naik daun. sampai-sampai anak saya yang 20 bulan itu bisa menyanyikannya dengan intonasi kayak gini “pissss d, bey..bey…” (nggakpenting.com)

anyway, saya tidak akan berbicara mengenai T2 dengan lagunya itu. tapi judul itu menurut saya bisa dianalogikan dengan kondisi bangsa ini beberapa hari terakhir. menurut saya, bangsa indonesia termasuk bangsa yang “lebay” (menurut kamus gaul maksudnya berlebihan). iyalah, berlebihan dari segi konsumtif, dari segi kontrol emosi, dari segi jumlah penduduk, dari segi jumlah pulau, dari segi jumlah pengangguran (tapi jangan dikategorikan juga sebagai hal yang negatif ya).

kenapa begitu?? lihat saja tayangan televisi yang gemar dengan realiti show dengan yang menguras emosi habis-habisan ditambah bumbu cerita yang aduh kok lebay banget ya..mulai dari yang mencari orang hilang, mencurigai orang, masalah perkawinan, tayangan kenelongsoan kemiskinan yang haduh sekali lagi menurut saya lebay bay..herannya kadang menurut saya lagi sampai mengorek aib keluarga, suami, saudara, dan teman sendiri. (yang ini haram menurut ajaran agama saya dan saya setuju itu) saya bingung kalau sudah menonton itu, terus ada anak saya yang mendengar adegan caci maki di televisi terus anak saya dengar terus bisa-bisa dia mengulang kata-kata itu… (kalau sudah begini langsung saya ganti channel)

kelebayan lagi dalam hal kontrol emosi. saya sangat menghormati hak orang lain untuk kemukakan pendapat, bicara, marah, sedih, kesal, dsb. tapi belakangan kok saya tidak lagi jadi empati ya begitu lihat kasus manohara itu..menurut saya lagi ini kok makin di blow up ya?kok jadiya lebay-bay begitu??padahal seantero nusantara juga tahu kita lagi rada tegang dengan malaysia gara-gara ambalat. eh ditambah lagi kasus ini. sampai sekarang saya belum berani memutuskan untuk berpihak kepada manohara atau kesultanan kelantan, karena saya kok nggak bisa lihat objektifitas kasus ini ya, tapi yang ada disorot terus oleh infotainment yang sekali lagi jadinya lebay-bay.

kelebayan lagi, menanggapi reaksi masyarakat indonesia tentang kasus ambalat. di fesbuk sudah beredar tuh quote seperti “perang, ganyang malaysia, bla..bla..bla..” terakhir kemarin saya lihat televisi eh pembawa acara berita juga berkomentar seperti “indonesia terlalu takut menghadapi malaysia”, yang menurut saya kesemuanya itu mengarah kepada “ayolah kalaupun perang”. padahal apa sih untungnya perang? di negeri yang berpenduduk 270 juta jiwa ini saja tidak semua nya bisa makan 3 kali sehari, tidak semuanya bisa tidur dengan kasur, tidak semuanya sehat, tidak semuanya sekolah bahkan sekolah dasar sekalipun, dan tidak semuanya merasa aman terhadap bangsanya sendiri karena tingkat kejahatan yang tinggi, kok yo malah cari pos pengeluaran baru untuk perang??
kalau menurut saya pilihan perang itu untuk sekarang lebay-bay.

belum lagi kalau lihat koran-koran setiap hari di headlinenya suka tertulis wah kalimat macam-macam yang biasanya negatif untuk menarik minat pembaca. apalagi kalau musim kampanye kayak gini keluarlah statement-statement yang menurut saya lagi lebay-bay..

terakhir, yah itulah sikap RS OMNI terhadap Ibu Prita yang menggugat dengan ancaman pencemaran nama baik atas surat keluhannya Bu Prita yang kemarin sempet di penjara akhirnya keluar setelah didesak masyarakat banyak, capres, politisi termasuk juga kaum blogger dan fesbuker, sangatlah lebay-bay.

tapi pikir-pikir apa postingan saya kali ini juga tidak lebay-bay??

“ah, pliss deh jangan lebay”

Advertisements

3 thoughts on “please deh jangan lebay..

  1. Betul Ibu Suwar, negara ini (baca : sebagian penduduknya) masih punya sifat mental yg lebay, yang apabila diaplikasikan ke suatu alat yg punya pengaruh besar seperti media, walhasil semua orang yg meyaksikan jadi ikut2an lebay.

    Semoga masih banyak Ibu Suwar Ibu Suwar diluar sana yg tidak ikut2an lebay ditengah kondisi yg lagi lebay ini.

    Sepertinya saya harus nyanyi bareng2 T2 : Plis deh jangan lebay 😉

    ps. futunye keren deh, kaya lagi ngunyah jambu klutuk huehue, pis….

  2. setuju su, skrg semua serba lebay, sama kaya kelakuan gw (hehehe)..

    liat semua acara tv, lebay, masa acara rumah tangga di bawa2 ke tv, emg dia ga malu apa di publikasi ke seantero indonesia, belon lagi si mano, ga tau dia y lebay apa emaknye y lebay, belon y dpt2 uang/hadiah sampe sembah sujud (kalo emg dia mo sedekah ga usah masukin tipi, itu mah cuma mo show of doang), tapi kalo mereka ga gitu ya ga ada y ntn tv lha, acaranya ga laku.

    makanya skrg gw senengan ntn film aje deh (bukan sinetron ye)..

    udahlah mending jg ga usah liat acara/berita y lebay2, mikirin hidup qt y terlalu lebay susahnya aja udah pusing, hehehe..

    mending kita nyanyi aja yuk “please deh jangan lebaaaaaiiiiiiii” 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s