pandemic swine flu

11 Juni 2009,
akhirnya WHO menyatakan kasus swine flu (atau flu babi ) sebagai penyakit yang telah mewabah dalam fase pandemic.

virus H1N1 penyebab swine flu

swine flu menyerang pertama kali di Mexico medio April 2009, lalu terus merambat ke Amerika, Canada, Eropa, dan Asia. Dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan, swine flu telah tersebar ke hampir 74 negara dengan kasus sebanyak 29000 kasus pada manusia (http://news.yahoo.com/s/ap/20090611/ap_on_he_me/un_un_swine_flu).

dalam sejarah kasus influenza, pandemic kali ini adalah pandemic pertama kali sejak 41 tahun yang lalu. menurut situs Centers for Disease Control, kenaikan status swine flu disebabkan oleh tingkat penyebarannya yang cepat, namun bukan dilihat dari tingkat infeksi penyakit tersebut. kasus influenza dapat terbagi menjadi beberapa tahapan.

tahap 1 meliputi kejadian virus pada hewan yang secara natural sudah banyak menginfeksi namun tidak menyebabkan kematian baik pada hewan tersebut atau pada manusia

tahap 2 meliputi kasus flu yang dijumpai pada hewan yang menyebakan kematian pada hewan-hewan tersebut dan memungkinkan terjadinya infeksi pada manusia

tahap 3 meliputi kasus terjadinya infeksi pada manusia akibat perubahan genetis yang dilakukan oleh sang virus influensa dengan perantara hewan. biasanya pada tahap ini juga terlihat adanya kasus penyebaran sporadis dalam satu lingkungan tertentu.

tahap 4, merupakan awal tahapan dalam penentuan pandemi, yakni virus sudah dapat menginfeksi dari manusia ke manusia .

tahap 5, tingkat penyebaran virus makin menjadi antar manusia khususnya dalam satu wilayah atau negara anggota WHO yang berdekatan. apabila fase 5 sudah terjadi, dapat di pertimbangkan meningkatnya kasus fase 6 atau pandemic.

tahap 6 : pandemi, kasus influenza dapat terjadi dari satu negara WHO dengan wilayah negara lain yang bukan dalam satu region (seperti benua).

tahap pasca infeksi puncak : biasanya terjadi setelah pandemic telah terjadi karena sudah mulai teratasi dengan munculnya vaksin atau pengobatan yang tepat untuk mengatasi pandemi

tahap pasca pandemi : virus influenza akan mengalami penurunan infeksi dan kembali berada dalam penyebaran kasus flu musiman yang normal.

nah, bagaimana kesiapan anda menghadapi pandemi flu babi ini?apakah capres-capres itu juga siap yah??semoga..

diolah dari berbagai sumber : CDC, WHO, telegrahp UK, dll.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s