Biotechnology Research Camp (BioCamp) Ristek-Novartis 2009

medio Agustus 2009, saya berkesempatan mengikuti Novartis-Ristek BioCamp 2009. acara ini merupakan acara camp atau sejenis dengan workshop sebagai bagian dari CSR- Novartis. perlu diketahui Novartis merupakan perusahaan industri farmasi kedua terbesar di dunia yang memegang peranan penting dalam pengembangan sektor farmasi di dunia. setelah melalui perseleksian administrasi dan panel interview, akhirnya terpilihlah 23 orang mahasiswa pascasarjana dan lulusannya dari berbagai bidang, seperti bisnis, manajemen, kedokteran, farmasi ataupun science (biologi). menurut Wanda Harahap,manager communication Novartis Indonesia, program BioCamp bertujuan untuk membuka wawasan sektor bioteknologi khususnya bagi para mahasiwa bisnis dan manajemen. sebaliknya, program ini juga diharapkan dapat memberikan pengenalan awal dunia bisnis dan leadership bagi mahasiswa yang bergerak di bidang science. berbekal tujuan itulah, mengapa program ini diberikan kepada dua mahasiswa tingkat lanjut dari disiplin ilmu yang berbeda.

Puspiptek H1

Hari ke-1

bertempat di Puri Casablanca Kuningan, seluruh peserta berkumpul untuk melakukan aktivitas BioCamp di hari-1. jadwal hari pertama hampir seluruhnya diisi dengan kegiatan kunjungan ke Pusat Penelitian dan  Pengembangan Ilmu Pengetahuan (PusPIptek) Serpong. Kunjungan pertama dilakukan di UPT Bioteknologi BPPT. kebetulan saat itu Wahyu Purbowasito Ph.D (yang sebelumnya sudah saya kenal) yang memberikan pengantar mengenai BPPT-Biotek beserta riset yang telah dilakukan. animo peserta cukup tinggi pada sesi tanya-jawab, mengingat waktu makan siang hampir habis namun peserta masih berminat untuk bertanya. selama pemberian penjelasan, saya mendapat banyak tanya dari peserta dengan latar belakang bisnis dan manajemen tentang ini dan itu. wah, sebenarnya kasihan juga mereka karena mengejar ketinggalan bioteknologi cukup jauh. walhasil ya kadang ada pula yang benar-benar ngeblank tentang apa yang dibicarakan. setelah pemaparan tentang Bioteknologi BPPT kami melangkah ke kunjungan lab. kalau pendapat saya pribadi , ya lab yang diperkenalkan tidak ada yang aneh untuk Bioteknologi baik industri dan pertanian.

melangkah ke acara kedua, yakni kunjungan ke LabTIAP, jadi lab-Lab di dalamnya meliputi Lab Pangan Fungsional, Biofarmaka berbasis virus, proses enzim purifikasi dan separasi.karena jadwal molor, terpaksa rencana kunjungan ke Lab Batan dibatalkan, padahal saya berminat sekali mengingat nggak pernah menyentuh bidang yang satu ini. melihat site labnya saja yang bermultiple pagar itu bikin mupeng. Dan kayaknya seru gitu ada di bagian radioisotop .selanjutnya, hari sudah semakin sore, kantuk mulai terasa, lelah, dan terutama pastinya lapar berat. melesat dari pinggiran Banten ke pusat Jakarta, bis kami menuju ke penang bistro (haduh maaf ini bukan ajang promosi, saya juga tidak dikenai biaya advertise kok :P)..akhirnya, kami bertemu pula dengan makan malam yang super duper yummy menurut saya, setelah disuguhi terlebih dahulu oleh lecture dari Pharmaceutical Multinational Company Group yang munurut saya lagi curhat karena birokrasi dan kebijakan pemerintah dalam mengatur Industri Farmasi berbasis multinasional. setelah kenyang, sedikit terhibur juga oleh psikolog dari Novartis Vera Ibrahim yang sampe mendaulat Resa dan Marcel jadi konduktor nyanyi lagi “heal the world’ Jacko (ah jadi inget masa SMA, lagu ini dinyanyiin bagus banget sama kelas saya –memuji diri a.k.a narcistic dot kom). Akhirnya, kegiatan H-1 berakhir jam 10.3) WIB

Hari ke-2 19 Agustus 2009 (the day im getting older this year..)

pagi hari kami sudah bersiap untuk mengikuti acara hari ini yang menurut prediksi saya adalah acara inti . jadwal hari ini lumayan padat, dengan isian kuliah dari pagi hingga waktu makan siang. kuliah-kuliah tersebut meliputi opening ceremony dari Direktur Novartis Indonesia Roger Paulman. kemudian sambutan dari kepala BPPT yang diwakili oleh Prof Amin Subandrio, dan termasuk kuliah Prof Amin sendiri tentang Innovation (ah, jadi teringat kuliah microbial antibiotics oleh beliau). Ada juga paparan dari DepKes tentang regulasi farmasi di Indonesia, jadi seperti hak jawab atas pertanyaan kuliah yang malam sebelumnya. Nah, dua kuliah terakhir ini agak bertolak belakang satu dengan yang lain, yakni tentang pengembangan program-program CSR oleh Business Unit Head NI dan Thomas Keller , Kepala Novartis Institute for Tropical Disease yang ada di Singapore. Tentu saya tertarik sama kuliah yang terakhir ini, yang katanya riset-riset yang dilakukan Novartis menyangkut penyakit tropis seperti dengue, malaria dan tuberculosis. Belakangan, saya baru tahu juga Novartis punya pusat penelitian dengan Indonesia di Universitas Hasanudin namanya NehKRI. Tapi, berdasarkan penilaian saya, NITD tidak berkenan melakukan penelitian dengan mengembangkan produk rekombinan, karena basic mereka adalah sintesis alam, jadi pencarian bahan alam yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit tropis seperti artemisinin untuk malaria. hmm, sedih juga, padahal tertarik loh untuk ikut riset di Singapura. yang lucu, penelitiannya kebanyakan tentang penyakit-penyakit di Indonesia kok pusat penelitiannya di Singapura ya? belakangan saya dapat bisikan karena birokrasi di Indonesia sulit untuk didekati. Wah, kalau sudah begini salah siapa ya?

siang hari setelah Ishoma, kami melaju ke site production Novartis yang ada di Pasar Rebo, Jak-Tim. baru kali ini saya masuk ke industry farmasi, ternyata cukup higienis ya. sayang sekali tidak diperkenankan foto di ruang produksi yang kebetulan grup saya ikuti. padahal kostumnya okeh banget. Oh ya, site ini terdiri dari site A untuk Novartis dan site T untuk Sandos. banyak juga obat yang diproduksi di sini, tapi nggak kalah juga obat yang diimpor, di repackage dan direlabel. harganya juga mahal-mahal ya. padahal katanya, Sandoz adalah divisi Novartis yang Generik, tapi harganya tetap saja buat saya itu ya mahal.

Pose-2 novartis indonesia site pasar rebo1

malamnya, kami kembali ke hotel untuk memasuki acara berikutnya. sebelumnya,saya menduga ini  termasuk bagian yang menegangkan, dan ternyata saya benar. kami harus membuat business plan dalam kurun waktu kurang dari dua jam dengan sebuah studi kasus.Jadi, untuk orang seperti saya yang, ah sama sekali masih bingung membedakan apa itu strength, weaknesess, opportunity, dan challenge (SWOT), yah rada-rada keteteran mengikuti diskusi kelompok. Alhamdulilah, teman-teman sekelompok saya banyak mensupport saya tentang pengetahuan ini. mmh, nggak heran kalau kami dapat hadiah untuk ini, (nanti saya beritahu di akhir cerita)

OK, berakhir jam 12, saatnya istirahat, dan saya benar-benar lelah.

Hari ke-3..20 Agustus 2009

saat paling menegangkan buat saya, karena ya hari ini kami harus presentasi, dan yang mengejutkan lagi adalah kelompok kami mendapat giliran pertama. ouw..ouw…Ok…segala cara dilakukan termasuk dengan tagline khas yang semoga mengipmpressi para juri yang terdiri dari business unit Novartis dan perwakilan Ristek. sesi tanya-jawab yang buat saya lagi, cukup bikin speechless, karena sungguh saya nggak ngerti banyak tentang business plan ini. tapi nggak mungkin kan kami tampil di depan dengan planga-plongo, yah walhasil sekenanya lah jawaban terlontar. salah satu business plan yang OK menurut saya adalah business plan kelompok Teddy (grup 2) yang dengan detil bicara project launch, budgeting, profit, bla-bla-bla..they did it so well..lajnut mendekati siang hari, masih ada tiga lecture lagi yang harus diikuti, pertama dari Julietta Samosir HR Division NI, lalu dari Hendra Gunawan Direktur Utama PT. Tunggal, dan terkahir Rene Suhandono (yang saya senangi ituh) dengan carrier coachnya.

melalui Pak Hendra, saya belajar tentang leadership, bagaimana seharusnya menjadi pemimpin yang baik, yang reliable, accountable dan tentunya ngemong anak buah. dari Ibu Julietta, saya dapat informasi bahwa Novartis sangat meninggikan nilai diversity dan inclusion di tiap negara cabangnya, dan dari Rene, saya jadi tahu kalau hidup saya ini harus memiliki passion dan purpose yang bermanfaat. Ah indah, sekali kombinasi lecture ketiganya.

hari kian sore, dan akhirnya acara puncak yang ditunggu pun tiba, award dan ceremony. seperti yang saya bilang, kelompok kami (group three dengan tag line Leuminib make a better life) akhirnya dinobatkan menjadi best team (yeay..we’ve made it guys), sungguh saya tidak menduga sebelumnya. tentunya, group two seperti dugaan saya mendapat predikat the most reliable business plan..Ok…sangat setuju dengan penilaian dewan juri. terakhir, pengumuman delegasi NI untuk BioCamp 2009 global. sekali lagi, dugaan saya tepat, yang memperolehnya adalah the cartoon face Yani Bagas Paramitha, mahasiswa Prasetya Mulya Business School yang juga menggawangi grup dua dengan business plan-nya yang canggih itu. Satu kandidat lagi, nah yang ini tebakan saya meleset, dan alhamdulilah, I was selected..(yeay..:)) sungguh, saya sekali lagi tidak menduga.

pose-3 most feasible business plan group three

pose 4-best team-grpup three..mine of course

ceremony n award.

hari itu 20 Agustus 2009, saya mendapat hadiah ulang tahun yang indah sekali. being delegated for Novartis Global BioCamp 09 in Novartis Biomedical Research Institute Cambridge, Massachusetts, USA. mau tahu cerita saya di Cambridge? tunggu ya, oktober nanti. it was such a nice and memorable moment of being there.

biocamp full team

bff…best friend forever

dua minggu ini, saya lumayan sering kopi darat dengan teman-teman kuliah sarjana dulu. perkaranya, saya sudah menikah, punya suami dan punya anak, jadi sangat terbatas waktu dalam berhubungan dengan teman-teman saya yang saya bilang di salah satu web sebagai “sahabat-sahabat yang menakjubkan”.ya, menakjubkan ,bagaimana tidak?sudah 10 tahun kami bersama, 10 tahun loh, itu kan bukan waktu yang singkat. dan dalam tempo 10 tahun itu kami masih sering hang out atau kumpul bareng….

mungkin buat anda yang punya teman-teman dekat sekarang sih hal itu nggak aneh, tapi tidak buat saya dan kebanyakan orang yang fase hidupnya sudah mulai naik kelas lagi ini. banyak dari teman suami saya dan teman saya di luar lingkungan sahabat-sahabat yang menakjubkan ini bisa bilang kagum, karena kami masih punya keterlibatan emosional yang penuh selama 10 tahun.

yang terjadi selama 10 tahun pun banyak, dari yang mulai punya pacar si A, si B si C eh menikah nya dengan si F, dari yang tinggal di kota G, J, M eh sekarang tinggalnya di kota R, dari yang tadinya kurang akrab dengan si Y, eh sekarang malah nempel kemana-mana berdua, dari yang pembicaraannya cowok-cowok ganteng di kampus, eh sekarang udah susu anak yang ini, atau enaknya sekolahin anak dimana ya? …

rasanya..seperti sisi lain hidup yang tak pernah tergantikan, dan kalau kami sudah bersama, ya istilahnya bahasan yang jelek bis ajadi bagus dan bahasan yang bagus bisa jadi jelek, hati itu sudah beku, jadi cacian di antara satu dan yang lain sudah di luar kepala dan di luar hati..

ah senang rasanya punya sahabat-sahabt itu.walopun kalo boleh ami jujur, kami tidak seperti orang bilang yang sahabat itu harus ada saat susah dan senang, saat sedih dan gembira.kok rasanya kami nggak seperti itu ya..justru sebaliknya, kami tak pernah ingin berbagi kesedihan, karena kami merasa seperti itulah kami, tertawa bersama walaupun kadang tawa itu adalah tertawa untuk kesedihan dan kegagalan kami….

pernah sih saya mewek sejadi-jadinya di kosan teman saya setelah patah hati. jadi waktu itu saya cuma datang, diam, duduk, dan nangis sejadi-jadinya…apa yang mereka lakukan?iya?sahabat-sahabat saya itu? mereka juga cuma diam, ngasih minum , sementara saya meracau tidak jelas sambil bercucur air mata…apakah mereka merespon kata-kata saya?nope..mereka malah bicara tentang hal lain yang justru membuat saya tertawa..

C?kadang jangan meminta sahabat anda untuk selalu berada pada kesedihan yang anda rasakan, karena tempat mereka adalah sahabat..yang berdiri di samping anda..bukan di depan and untuk memberi tahu kemana harus melangkah, atau pula di belakang yang hanya mengekor apa yang anda katakan tanpa perdulikan perasaan and.sahabat, berdiri di samping anda, bersama, menjaga anda dengan sejajar..

for old time sake : I love you friends..:)

about the equilibrium

sebenarnya bukan mau sok science or gimana gitu..tapi ini benar-benar padanan kata yang menjelaskan isi blog saya yang sederhana banged ini..

equilibrium itu kan artinya setimbang, dari segi ukuran jadi yang kiri sama yang kanan sama, yang sebelah atas sama bawah seimbang dan sebagainya

nah blog saya ini juga begituh, seimbang dari seluruh visi dan misi hidup saya..ada kalanya saya sebagai ibu, sebagai istri, sebagai anak…repot sama urusan rumah tangga..adakalanya lagi saya sebagai scientist yang pengen share info-info science yang kata orang membosankan…adakalanya lagi saya sebagai diri saya yang ceria, suka ngambek, rada moody, nggak bisa dendam lama-lama, dan bawel ini..

jadi ..kalo meringkas equilibrium dalam bahasa keren ya itu artinya akan seperti ini ..mmm….hh…

gado-gado

and I was (again) rejected

saya jarang sekali buat posting di blog saya ini malam hari. kenapa? karena biasanya malam saya pakai buat kerja, alias baca jurnal or paper or buat laporan, karena jam-jam seginilah saya baru bisa fokus. dan malam ini, tadinya saya sudah siap berangkat tidur setelah hari ini rasanya melelahkan sekali…tapiii..entah kenapa…saya ingin sekali berada di tanah daring ini, just want to be here..

dan ternyata, memang hati dan firasat saya kadang terlalu menang dibandingkan dengan rasio dan akal sehat…walaupun saya bekerja di dalam dunia yang hampir 99 % pakai logika ataupun empirikal matter, tapi kebanyakan perasaan saya lebih banyak benar dibandingkan dengan logika saya. pertama kali saya tersambung dengan internet malam ini, ingin sekali buka email, lihat apakah ada perkembangan dari luar sana, khususnya tentang hajat sekolah saya..

and i was right, ada sebuah email beserta attachment dari seseorang nun jauh di benua belahan lain sana, yang mengabarkan aplikasi saya.saya deg-degan, berharap kali ini akan menemukan keajaiban, tapi begitu di buka isinya…ada attached file yang judulnya

“rejection letter for Ms……………………..”

ow crap, that thing happened, again…and its true..my heart said it was true..again…i am down, desperately down….padahal masih ada dua rencana lagi dalam beberapa minggu ke depan…

saya termenung, nggak tahu harus apa, something just did not work out on me with this …ada yang salah, saya tidak tahu ada dimana, pokoknya ada yang salah dan kesalahan itu harus saya betulkan..dua penolakan dalam dua bulan terakhir ini seakan-akan menyampaikan pesan sesuatu buat saya.tapi hingga detik saya mengetikkan kata-kata ke blog ini, pikiran ini masih berputar, mencari sebuah jawaban atas usaha saya yang belum sampai di tujuannya..

i did not fail, i jus find a thousan way that it did not work -thomas alpha eddison-

hari ini, setelah sekian lama saya tidak menangis, saya menangis..untuk sesuatu, untuk cita-cita yang mungkin belum bisa saya raih, untuk pengharapan yang mungkin bukan pada tempatnya,

hari ini, setelah saya terbiasa dengan penolakan, saya tidak merasa biasa, saya ingin keluarkan semua yang saya rasa, saya ingin kecewa, saya ingin marah, salahkah saya?

hari ini, saya mungkin disadarkan oleh Sang Maha Melihat dan Maha Mendengar, kalau ada hal lain yang lebih baik buat saya, bukan itu, bukan mereka dan bukan disana.

malam ini, akhirnya keraguan dan pertanyaan saya terjawab dan dengan segala daya upaya, saya harus menerima jawaban itu, dan memahaminya, dengan berbagai macam cara.

i found it hard to go on, move on and take a next step today, what i find is only a pieces of me with many tears accross mine…

dear lord, thank you for this failure,just give me much stronger force to move on

august.. here she comes…

august08-clouds-calendar-1280x960

saya selalu suka bulan agustus…kenapa banyak alasannya, dan khusus tahun ini alasannya bertambah satu,

mari kita lihat ya..:
1. dari sekian bulan dalam satu tahun, hanya ada empat nama bulan yang tipenya berbeda yakni mei, april, dan agustus, sedangkan yang lain biasanya ada perulangan kata, misal juni-juli, januari-februari, november-desember, dan lain halnya (paham kan maksud saya ya?)
nah diantara empat bulan itu, nama agustus itu lebih terdengar historikal, karena pasti diambil dari nama-nama sejarah romawi macam octavianus, marius, dan tentunya Kaisar Agustus itu…tapi kata wikipedia agustus juga diambil dari bahasa Portugis “agusto”. jadi, imho historical valuenya ketimbang tiga bulan lain (maret, april, mei) lebih berasa.selain itu, agustus adalah bulan yang sama sekali homofonnya berbeda dengan bulan-bulan lain, coba anda jabarkan satu per satu bulan dalam setahun

2. saya lahir bulan agustus..mmh sedikit subyektif tapi tak apalah, dan negeri ini berdiri juga bulan agustus.setelah 3,5 abad dijajah akhirnya para pemuda negeri ini memproklamirkan keberadaan bangsa yang tertindas ini pada dunia. suatu kebanggaan proklamasi dilakukan bulan agustus.nah, kalau dirunut lagi berarti beberapa peristiwa bersejarah macam bom hiroshima dan nagasaki juga terjadi agustus kan? dan menurut saya pribadi lagi, peristiwa itu adalah peristiwa bersejarah yang besar dan tak boleh terulang.

3. berkaitan dengan lahirnya negeri ini, maka biasanya bulan agustus di negeri ini meriah semeriahnya dengan bendera merah putih dimana-mana, pake ada acara lomba-lomba pula,pokoknya rame banget. tapi sayang, menurut saya, perayaan proklamasi seharusnya ditanamkan dengan hal-hal yang bermanfaat untuk bangsa yang kian hilang arah identitas dirinya ini..mmh, mohon maaf tanpa bermaksud mengkritisi siapapun, tulisan tadi terutama saya tujukan untuk diri saya sendiri, apa yang telah saya perbuat untuk negara ini.

4. agustus kali ini, kita kedatangan tamu istimewa, bulan suci Romadhon, yang sedianya menyambangi setahun sekali (semoga saya masih diberi kesempatan untuk meraihnya)..
bayangkan, betapa nikmatnya bisa merasakan Romadhon ditengah perayaan hari kemerdekaan ini?ditengah pilpres yang sudah berlangsung dan masih karut-marut dengan sengketanya (as i already guess before)..

semoga agustus kali ini membawa berkah bagi kita dan bangsa ini..

aamminnn