august.. here she comes…

august08-clouds-calendar-1280x960

saya selalu suka bulan agustus…kenapa banyak alasannya, dan khusus tahun ini alasannya bertambah satu,

mari kita lihat ya..:
1. dari sekian bulan dalam satu tahun, hanya ada empat nama bulan yang tipenya berbeda yakni mei, april, dan agustus, sedangkan yang lain biasanya ada perulangan kata, misal juni-juli, januari-februari, november-desember, dan lain halnya (paham kan maksud saya ya?)
nah diantara empat bulan itu, nama agustus itu lebih terdengar historikal, karena pasti diambil dari nama-nama sejarah romawi macam octavianus, marius, dan tentunya Kaisar Agustus itu…tapi kata wikipedia agustus juga diambil dari bahasa Portugis “agusto”. jadi, imho historical valuenya ketimbang tiga bulan lain (maret, april, mei) lebih berasa.selain itu, agustus adalah bulan yang sama sekali homofonnya berbeda dengan bulan-bulan lain, coba anda jabarkan satu per satu bulan dalam setahun

2. saya lahir bulan agustus..mmh sedikit subyektif tapi tak apalah, dan negeri ini berdiri juga bulan agustus.setelah 3,5 abad dijajah akhirnya para pemuda negeri ini memproklamirkan keberadaan bangsa yang tertindas ini pada dunia. suatu kebanggaan proklamasi dilakukan bulan agustus.nah, kalau dirunut lagi berarti beberapa peristiwa bersejarah macam bom hiroshima dan nagasaki juga terjadi agustus kan? dan menurut saya pribadi lagi, peristiwa itu adalah peristiwa bersejarah yang besar dan tak boleh terulang.

3. berkaitan dengan lahirnya negeri ini, maka biasanya bulan agustus di negeri ini meriah semeriahnya dengan bendera merah putih dimana-mana, pake ada acara lomba-lomba pula,pokoknya rame banget. tapi sayang, menurut saya, perayaan proklamasi seharusnya ditanamkan dengan hal-hal yang bermanfaat untuk bangsa yang kian hilang arah identitas dirinya ini..mmh, mohon maaf tanpa bermaksud mengkritisi siapapun, tulisan tadi terutama saya tujukan untuk diri saya sendiri, apa yang telah saya perbuat untuk negara ini.

4. agustus kali ini, kita kedatangan tamu istimewa, bulan suci Romadhon, yang sedianya menyambangi setahun sekali (semoga saya masih diberi kesempatan untuk meraihnya)..
bayangkan, betapa nikmatnya bisa merasakan Romadhon ditengah perayaan hari kemerdekaan ini?ditengah pilpres yang sudah berlangsung dan masih karut-marut dengan sengketanya (as i already guess before)..

semoga agustus kali ini membawa berkah bagi kita dan bangsa ini..

aamminnn

Advertisements

One thought on “august.. here she comes…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s