14.50 2 sep 2009

jawa barat diguncang gempa berkekuatan hampir 7.3 SR pada pukul 14.50 WIB dengan pusat gempa 172 km barat daya Tasikmalaya dengan kedalaman 30 km. getaran gempa dirasakan menjalar hingga bandung, bogor, jakarta, yogyakarta bahkan bali. kendati kecil menimbulkan tsunami(menurut BMG) namun kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut tergolong tinggi. tercatat 1200 rumah rusak berat dengan 976 rumah telah roboh. tercatat pula 33 orang telah meninggal dengan tersebar di bandung, cianjur, tasikmalaya, bahkan jakarta…beberapa kerusakan dapat dilihat disini atau pula disini

suatu teguran di bulan yang suci ini..

saya sangat terperangah, kaget, dan sedikit shock..(maksud saya sedikit pasti shock saya nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan para korban yang kehilangan rumah, harta benda, bahkan mungkin orang yang dikasihi)..padahal hari kemarin, saya masih bertanya-tanya dalam hati, mengapa hal ini dan itu terjadi pada saya?akankah saya punya cara untuk keluar dari masalah saya ini?bagaimana lagi rasanya memikirkan jawaban untk permasalahan saya?

masalah apa sih? no…no …bukan masalah besar (at least dibandingkand dengan yang dihadapi korban gempa)..cuma masalah hidup yang terkait dengan ini dan itu. jujur, saya ini sering mengeluh, tapi kepadaNya..saya ini sering bertanya kenapa kok saya ndak bisa seperti si A, kenapa kok masalah ini terus yang menghadang saya sedangkan si B tidak punya masalah ini..kendati saya sudah puluhan kali pula menyadari kalau Alloh itu sudah sangat lebih segalanya dibandingkan dengan pemikiran otak sehat saya yang nggak ada sebuih atau setitik air di lautan ilmuNya. tapi apa lacur, saya ini manusia, tempatnya khilaf dan dosa, sedikit ditegur dengan ketidaknyamanan dan masalah langsung mellow, mengasihani diri, bingung, bahkan suka merasa saya merana sendiri..bodoh dan dangkal..just as shallow as my mind..

pagi hari sebelum gempa terjadi, saya sempat ngobrol lewat media daring dengan salah satu kerabat, yang secara nyata dihadapkan pada masalah yang lebih besar dari saya (hasil curhatnya pada saya)..say tersenyum..Ya Alloh, mengapa Kau timpakan hal itu padaNya ya? itu kan berat sekali (bodohnya pertanyaan seperti in keluar dari hati dan pikiran saya)..

saya jadi bersyukur. Tuhan saya lebih sayang sama saya dengan segala permasalahan yang Dia titipkan pada saya.sungguh bodoh saya ini.

rasa syukur saya kian bertambah dengan kejadian gempa itu.oalah, menurut saya, itulah jawaban dari permasalahan yang saya pertanyakan kepada Rob saya itu. dan Dia menunjukkan kalau Dia lebih Agung, lebih Kuasa, dengan jentikan jari dalam hitungan seperpicko detik pun segalanya bisa terjadi jika Dia menghendaki.

dua minggu yang lalu, saat kami baru pindah rumah (yang kami beli dengan cucuran air mata darah keringan ..oalah ini lebay banget..mohon maaf). suami saya masih berkeluh, ah harusnya begini-begitu ya..begitu katanya. saya menanggapi dengan enteng dan bilang harusnya bersykuru karena kami sudah punya rumah untuk berteduh. dan suami saya pun sadar, dia bilang betul juga, kalao Alloh berkehendak, terjadi gempa, hancur lah rumah kami dan kami sudah kehilangan tabungan sedemikian besar untuk itu..akan apa lagi kami nanti? (begitu hasil diskusi kami kira-kira)

dan apa yang terjadi…dua minggu kemudian Alloh menegur kami ..

saya terperangah, kaget, bersyukur…
saya makin yakin kalau sebesar apapaun masalah saya, saya punya Rob yang Maha Hebat dan Lebih besar dari masalah saya ini..

di bulan yang suci ini, Alloh menegur kami, umatnya dengan sentilan kecil, agar senantiasa kembali meyakiniNya, agar memahami makna hidup yang sesungguhnya, agar senantiasa selalu berada dalam jalanNya..

‘maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan?’

Advertisements

One thought on “14.50 2 sep 2009

  1. Salam Takzim
    Kala alam menyampaikan
    Kala bumi menggetarkan
    Ada teguran disampaikan
    Ada sapaan dilontarkan

    Kala angin berkibas kencang
    Kala ombak bergelombang
    Ada ucapan diperlihatkan
    Ada prilaku dipertontonkan

    Tuhan ku tak mampu membaca
    Tuhan ku tak kuat menerima
    Ampunilah Tuhan dosa kami
    Maapkanlah Tuhan sikap kami

    Lewat lisan yang tertutup
    Lewat tulisan yang abstrak
    Ku mohon petunjukmu
    Wahai zat yang maha segala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s