saya bukan penulis

Berbekal dari rasa kantuk yang belum kunjung datang, entah akibat teh susu yang barusan saya teguk atau sakit leher hasil salah bantal tadi malam, akhirnya saya menulis lagi. Dan kali ini menulisnya pun dalam kegelapan, di samping anak dan suami yang sudah tertidur lelap. Ah, jadi ingat masa-masa menulis tesis yang tak kunjung usai (tapi alhamdulilah usai juga akhirnya) itu. Setiap malam, saya mengutak-atik isi draft yang kesekian puluh kali mengalami perbaikan dari dosen pembimbing. Semua itu saya lakukan karena sulit bagi saya menulis tesis di siang hari bolong saat anak saya yang masih kurang dari setahun itu meminta perhatian. Walhasil, saya mengurangi waktu tidur dengan bekerja di malam hari, mulai dari searching jurnal, baca, membuat catatan, sampai akhirnya menulis. Perjalanan yang panjang dan akhirnya berbuah manis.

Omong-omong soal menulis, sesuai dengan judul posting saya kali ini, sedikit berbagi betapa saya sangat bukan seorang penulis, tapi saya sok jadi penulis. Kenapa saya bilang sok jadi penulis? Ya itu, karena saya berusaha terus membuat tulisan dari jaman nya film The Cosby Show di TVRI yang masih jaya, sampai kini sinteron melanda dan saluran televisi berita mulai sikut-sikutan . Rupanya macam-macam pula.

Entah kapan saya pertama kali mulai menulis, yang jelas dulu saya punya banyak catatan harian alias diary. Iya, itu loh diary jaman masih pakai rok putih merah. Kalau nggak salah (maklum ini udah tua, ingatan sudah berkurang), diary pertama saya warnanya pink, gambarnya saya lupa, isinya, haduh malu saya..standar deh, cerita anak sekolah dasar yang mungkin di sekolah tadi berantem sama temennya, mulai naksir-naksir lawan jenis, sampai hal-hal yang aneh bin ajaib. Di jaman SD, saya punya 3 atau empat diary. Semuanya hampir penuh dengan coretan saya, walaupun kadang-kadang meaningless juga kalau dibaca.

Nah, berangkat ke sekolah menengah pertama, saya masih punya dan isi diary walaupun intensitas agak sangat berkurang. Isinya juga sudah mulai dewasa. Mulai dari curhatan temen kekesalan sama orang tua dan yang pasti cinta monyet alakadarnya. Hal serupa juga terjadi saat saya menginjakkan kaki di SMA. Bedanya, saya malah berusaha membuat cerpen. Tapi dasarnya tidak bakat, selalu tidak berujung, alias berhenti di tengah jalan.

Sedangkan jamannya kuliah, so pasti sudah berlagak dewasa, jadi tidak lagi merengek pada catatan harian. Melainkan sudah sama teman sebaya. Walhasil, kegemaran saya menulis juga hilang dan hanya kadang-kadang timbul saat berkirim email ke teman-teman.

Barulah setahun yang  lalu, saya kembali punya catanan, (meskipun bukan harian ya?) Catatan yang dulunya saya tuangkan pada diary,kini saya tuangkan pada blog saya yang sudah berganti tema kesekian kalinya demi membunuh rasa bosan.

Berdasarkan fakta-fakta yang berkembang, tampak sangat jelas terlihat kalau saya tidak pandai menulis. Tulisan saya kadang tidak memiliki arti, tidak kesampaian di otak pembaca, kerap kali saya memiliki missing link yang membuat pembaca heran dengan tulisan ini. Tak heran pula kalau butuh waktu hampir setahun buat saya untuk menulis tesis. Dan hingga kini pun, saya merasa, tulisan saya kadang kehilangan arah, tidak berklimalks, tidak memiliki emosi ataupun paparan yang jelas pada pembaca. Tapi, entah kenapa ya, terjadang saya hanya ingin menulis, seperti yang hati ini inginkan, Tidak melulu dikaidahi dengan segala embel-embel ataupun keharusan kiri dan kanan. Intinya, menulis adalah salah satu bentuk wujud saya yang sederhana

Ah, apapun itu, semoga sajah, saya bisa lebih baik menulis, ketimbang berbicara. Bukankah itu sebabnya Sang Kholikmenciptakan 2 telinga ketimbang 2 mulut?


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s