my most inspiring songs

Berawal dari curhat seorang teman lama tentang betapa dia telah mengalami naik turunnya hidup. Jujur saja, agak kaget mendengar ceritanya, tetapi di balik semua itu saya salut dan angkat topi ke teman saya ini. Keadaannya sekarang menunjukkan dia sudah bangkit dari keterpurukan hidupnya beberapa tahun belakangan. Akhirnya saya pun mulai berpikir, betapa dahsyatnya kekuatan pikiran yang bisa menyeret kita ke dalam lembah kegagalan tanpa mengadah ke atas lagi, ataupun ke puncak kesuksesan dalam berbagai perspektif. Saya pribadi yang sangat musikal ini, menganggap musik sebagai salah satu media untuk menginspirasi kekuatan pikiran saya. Karena musik seperti buku, tak akan berubah, tetap ada dan tetap lekang di dalam kenangan dan pikiran kita.

Bicara tentang musik, saya ini cukup perasa dengan lirik dan gubahan musik yang bagus. Saya paling suka kalau ada musik yang sifatnya menyemangati, kalau kata Pak De Sam, itu “inspiring”. Buat saya, musik-musik yang inspiring itu harus selalu ada di dalam playlist supaya kita bisa ikut terpacu memandang hidup, membungkus luka, menanamkan semangat, memetik kegagalan dan mereguk kesuksesan.
Bermodalkan keisengan di hari libur ini, saya ingin berbagi tentang musik yang inspiratif dari segi lirik dan gubahan, menurut saya ..

1. We are the Champions —Quen—
Yang ini pasti jelas lah. Sudah tidak perlu saya tulis kenapanya. Salah satu liriknya yang bilang

We are the Champions. No time for looser, and we are the champion of the world.”

Looser for all of time is the one who always think that they can not make it, but even never try it. Namun sang juara sesungguhnya justru selalu bangkit dari kekalahan dan kegagalan yang dia terima. Lagu ini memang bisa dibilang lagu sepanjang masa. Biasanya kalau ada turnamen olahraga macam sepak bola, lagu ini jadi andalan buat para pemenang.
queen

2. I Believe I Can Fly–R KElly–
Lagu tema dari film Space Jam yang hits di tahun 2000 kalau nggak salah ini juga punya lirik dan komposisi yang bagus. Salah satu penggalan liriknya yang sangat saya suka adalah..

There are miracles in life I must achieve, but first I know it starts inside of me“.

Begitu banyak keajaiban dan cita yang dapat kita raih di luar sana, tapi kalau diri sendiri tidak memulai untuk meraih keajaiban itu, semua akan tampak semu. Begitu kira-kira makna yang saya serap dari liriknya. Selain itu komposisi orkestra musik ini juga aduhai sekali. Menurut saya canggih pokoknya.
I believe I can fly

3. Each tears–Mary J. Blige–
sebenarnya lagu ini pernah saya angkat di tulisan saya yang ini , tapi demi pembahasan lirik maka saya akan angkat salah satu bagian refrainnya.

Each tears, there is lesson, make you wiser than before, make you stronger than you know

Jadi kalau memang ada saat kita harus menangisi kegagalan, kekalahan dan kehilangan yah mari ditangisi secukupnya. Suatu saat air mata itu bisa menjadi penyembuh luka yang membuat kita bertahan dan semakin kuat.

4. Jangan menyerah–De Masiv–
Kalau dari tadi hanya produk impor, saya juga punya inspiring songs versi lokal. Menurut saya De Massive ini hebat, karena bisa membuat lagu yang demikian menyentuh di tengah hingar bingar band-band anak muda yang bicara cintaaa melulu. Saya paling suka bagian yang ini.

Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah

Iya, mari syukuri apa yang ada, bukan mempertanyakan apa yang tidak kita punya. Kalau kita begitu jeli dan begitu cerdas, masih bisa menikmati hidup adalah anugerah yang tak terkira dari Sang Maha Pencipta.

5. Garuda di dadaku–Netral–
Nah ini juga produk lokal yang terbilang hebat. Semangat lagu yang tadinya dibuat untuk film Garuda di Dadaku ini sempat sangat ngehits saat turnamen piala AFF akhir desember 2010 hingga awal januari 2011 kemarin ini digelar. Lagunya bahkan jadi “hymne” untuk para pendukung TimNas. Bayangkan, lagu ini bisa dinyanyikan 80.000 penonton di stadion.
Garuda di Dadaku --the movie--

6. The World’s Greatest–R Kelly–
Lagi-lagi pilihan saya jatuh pada R.Kelly yang entah kenapa memang lagunya ajib untuk memotivasi diri.Salah satu penggalannya seperti ini:

“If anybody ask you who I am, just stand up tall, look em up in the face and say..
I am that stars up in the sky, I am that mountain pick up high, hey I made it, I am the world’s greatest”

Tuh kan ajib bener? πŸ˜€

7. High–Lighthouse Family
Kalau ini mungkin kurang greget dengan inspiringnya, tapi secara personal saya suka sekali musik-musik dengan tipe Lighthouse ini. Iramanya tidak terlalu hingar bingar tapi tidak mellow shallow. Buat saya pribadi, kata high yang dipakai di sini memiliki sinonim dengan cita-cita, harapan dan idealisme hidup, sesuai dengan lirik pertamanya :

When you close to tears remember, someday it all be over, one day we’ll gonna get so high“.

Sayang grupnya udah bubar, jadi nggak bisa menikmati lagi lagu-lagu yang easy listening.
Lighthouse Family


8. Firework–Katty Perry

Nah, yang ini memang relatif baru, tapi menurut saya cukup inspiring. Kalau didengarkan itu seperti cukup memompa semangat untuk kembali ceria, menatap masa depan, dan bekerja dengan segala daya upaya, supaya suatu saat kita bisa menjadi si “kembang api” yang akan membuat orang berdecak kagum..

“Cause Baby you are firework, come on let em show your worth”

Nah, itu inspiring songs versi saya. Tentunya sudah ada di dalam playlist saya yang menemani saya menapaki jalan-jalan di Tsukuba sehari-harinya. Bagaimana dengan anda?

Advertisements

5 thoughts on “my most inspiring songs

  1. <<>>
    salam kenal sebelumnya
    Tulisannya bagus, menyesal baru bisa lihat sekarang
    Gak nyangka ternyata musik benar2 bisa ngerubah hidup seseorang
    Saya lebih suka Bondan “ya sudahlah” walaupun terkesan pesimis
    karena saya percaya “cos everthin gonna be OK”
    salut buat blognya maju terus ya

  2. Kalau musik, ada satu yg berkesan mba, dari Naif yg judulya “Possesif”
    Bukan lirik atau lagunya yang enak sih, tapi video clipnya ituloh, menurut saya sangat provokativ pada waktu itu.
    Teringat waktu masih kuliah, saya dan kawan suka main ke Taman Lawang, tapi bukan untuk mengencani mereka, melainkan untuk mengambil wig di kepala mereka. Saya bertugas mengendari motor sementara kawan saya mengambil wignya, masih ingat ketika pertama kali mengambil wig, mereka teriak “ey wig eyke boo…dasar jabret s**lan, awas ya balik lagi tak pites kamu…”.
    Untuk kali kedua kami datang, ternyata mereka tak main-main, mereka menyiapkan bambu panjang sekali untuk mengahalau motor kami, langsung saja dihantamkan ke badan saya dan kami berdua jatuh. Sudah jatuh ditimpuki pula, untung motor masih bisa nyala, jadi kami tidak diperkosa.
    Setiap kli mendengar lagunya saya jadi teringat kejadian itu. Lagu itu menginspirasi saya untuk tidak berbuat konyol lagi, terutama pada kaum marjinal, mereka bisa sangat berbahaya.
    Alasan saya kenapa berbuat itu sih :
    1. mereka gak mungkin lapor polisi (yg ada malah mereka dibui)
    2. ga ada yg peduli juga sama mereka, malah dianggap meresahkan
    3. sensasinya ruarrrrrrrrrrrr biasa tapi sakitnya juga ampun-ampunan dah

    eh maaf mba jadi ngelantur…cuma mau share aj, mudah2an bisa di poskan

    • hahah nggak papa kok mas..saya suka baca cerita orang..
      err….yah we’re all screwed pada masanya..ya kan? ….
      yg penting sekarang udah nggak kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s