and the 3- begin

Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkankamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan. Kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan –QS. Al An’am : 60–

Tak ada yang spesial hari ini.
Semua berjalan sama, seperti biasa.
Matahari masih dengan setia bersinar, terbit dari timur ke barat.
Pagi tetap dikelilingi dengan kesegeraan.
Siang tetap dikelilingi kesibukan. Petang diwarnai kebahagiaan karena badan terpenuhi kebutuhannya setelah dahaga melanda.
Malam diselingi alunan ayat-ayat suci.

Tak ada yang berbeda, hanya detik yang tak akan kembali.
Hanya nafas yang mungkin belum menemui titik hentinya.
Namun, setiap hembusannya seakan menandakan, akan ada saat mereka tak lagi setia menemani.
Mereka akan pergi.

That I left my twenties already, remaining anything left?
Should I have my time in the way God want me to do?
Had I reflect all the blessed that I gain for the last 30 years appropriately?
As He created me as His creature.
Had I love my prophet Muhammad as he sacrificed many things for me as his ummah?

Dear God,
As I am too ashamed, asking you each and everyday, as I do not know to whom I supposed to cry out loud every night, as I only can rely on when I notice darkness cover my sight, Thank You…
And as I raise my hand to pray…I just notice that I could not say a thing at all, since I am sure You know what I had much deep in my heart.

kemerdekaan itu…..

Dirgahayu Indonesia…

Bangun pagi tadi, saya belum sadar kalau ini tanggal 17 Agustus. Maklumlah, di negeri orang, yang peringatan kemerdekaannya hanya di beberapa tempat, itu pun serba minimalis, semacam Kedutaan Besar RI di Tokyo atau Konsulat Jendral RI di Osaka misalnya. Selebihnya jangan harap liat umbul-umbul merah putih di mana-mana. Oh well, saya juga nggak mau ngomongin itu kok, soalnya saya nggak ikut upacara juga, karena baru hari ini masuk kerja setelah liburan musim panas seminggu kemaren, eh ini kok ngelantur ya..Mohon di maafkan..:P
Oh ya, kembali ke kesadaran saya bahwa hari ini adalah 17 Agustus. Kalau nggak liat cuap-cuap teman di jejaring social tuh, wah bener deh saya nggak sadar sekarang 17-an. Iseng-iseng saya liat isi twit teman saya satu-satu. Ada yang filosofis, membahas sejarah, ada yang skeptic, memandang kemerdekaan yang sudah 66 tahun ini kok tidak dirasakan kemerdekaannya, ada yang nganggep guyon, ada yang mengeluh karena nggak libur, ada yang heboh dengan segala atribut upacara kemerdekaan. Hihi, lucu sekali. Lumayan menambah wacana pola berpikir.

Nah, pada akhirnya saya bingung. Kalau saya, apa dong makna kemerdekaan buat saya?
Mhh, setelah berpikir sekian lama *ini lebay banget*, akhirnya saya sampai pada satu kesimpulan tentang kemerdekaan ini. Ini kemerdekaan ala saya loh ya. Menurut saya, hakikatnya manusia bukanlah mahluk yang merdeka. Continue reading

august.. here she comes…

august08-clouds-calendar-1280x960

saya selalu suka bulan agustus…kenapa banyak alasannya, dan khusus tahun ini alasannya bertambah satu,

mari kita lihat ya..:
1. dari sekian bulan dalam satu tahun, hanya ada empat nama bulan yang tipenya berbeda yakni mei, april, dan agustus, sedangkan yang lain biasanya ada perulangan kata, misal juni-juli, januari-februari, november-desember, dan lain halnya (paham kan maksud saya ya?)
nah diantara empat bulan itu, nama agustus itu lebih terdengar historikal, karena pasti diambil dari nama-nama sejarah romawi macam octavianus, marius, dan tentunya Kaisar Agustus itu…tapi kata wikipedia agustus juga diambil dari bahasa Portugis “agusto”. jadi, imho historical valuenya ketimbang tiga bulan lain (maret, april, mei) lebih berasa.selain itu, agustus adalah bulan yang sama sekali homofonnya berbeda dengan bulan-bulan lain, coba anda jabarkan satu per satu bulan dalam setahun

2. saya lahir bulan agustus..mmh sedikit subyektif tapi tak apalah, dan negeri ini berdiri juga bulan agustus.setelah 3,5 abad dijajah akhirnya para pemuda negeri ini memproklamirkan keberadaan bangsa yang tertindas ini pada dunia. suatu kebanggaan proklamasi dilakukan bulan agustus.nah, kalau dirunut lagi berarti beberapa peristiwa bersejarah macam bom hiroshima dan nagasaki juga terjadi agustus kan? dan menurut saya pribadi lagi, peristiwa itu adalah peristiwa bersejarah yang besar dan tak boleh terulang.

3. berkaitan dengan lahirnya negeri ini, maka biasanya bulan agustus di negeri ini meriah semeriahnya dengan bendera merah putih dimana-mana, pake ada acara lomba-lomba pula,pokoknya rame banget. tapi sayang, menurut saya, perayaan proklamasi seharusnya ditanamkan dengan hal-hal yang bermanfaat untuk bangsa yang kian hilang arah identitas dirinya ini..mmh, mohon maaf tanpa bermaksud mengkritisi siapapun, tulisan tadi terutama saya tujukan untuk diri saya sendiri, apa yang telah saya perbuat untuk negara ini.

4. agustus kali ini, kita kedatangan tamu istimewa, bulan suci Romadhon, yang sedianya menyambangi setahun sekali (semoga saya masih diberi kesempatan untuk meraihnya)..
bayangkan, betapa nikmatnya bisa merasakan Romadhon ditengah perayaan hari kemerdekaan ini?ditengah pilpres yang sudah berlangsung dan masih karut-marut dengan sengketanya (as i already guess before)..

semoga agustus kali ini membawa berkah bagi kita dan bangsa ini..

aamminnn